Visi Misi

Home  /  Visi Misi

Visi

Era otonomi daerah sampai dengan sekarang, Sumatera Selatan merupakan salah satu Provinsi terkaya ke lima di Indonesia berdasarkan potensi sumberdaya alam nya. Hal ini tentunya memerlukan kebijakan yang arif dalam melakukan pengelolaan sumberdaya alam, terutama di sektor energi dan sumberdaya mineral (ESDM) agar mampu menopang pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan.

Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sumatara Selatan, sebagai salah satu Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) yang melaksanakan urusan pilihan sektor tersebut, memerlukan dan menetapkan visi yang selaras terhadap kondisi di atas berdasarkan kewenangan yang ada, sesuai dengan peraturan perundangan.

Sehubungan dengan  uraian  di atas, maka Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sumatera Selatan mempunyai  V I S I :

MEWUJUDKAN PENGELOLAAN SUMBERDAYA ENERGI, MINERAL DAN BATUBARA SECARA BERKELANJUTAN YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN

Penetapan Visi  didasari pertimbangan antara lain  :

  1. Sumberdaya Alam sektor energi dan pertambangan yang belum dapat dioptimalkan oleh Pemerintah Daerah karena masih berstatus potensi sehingga masih memungkinkan untuk dapat dieksplorasi secara berkelanjutan.
  2. Rasio Elektrifikasi di Provinsi Sumatera Selatan yang masih terbilang rendah bila dibandingkan dengan provinsi se-sumatera.
  3. Infrastruktur sektor energi dan sumberdaya mineral yang masih minim akibat kebijakan Pemerintah dan Pemerintah Daerah yang masih belum sinkron.

 

Misi

Untuk mewujudkan visi yang telah disepakati dan ditetapkan  bersama, maka disusunlah Misi Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sumatera Selatan yang harus diimplementasikan oleh semua unsur, sebagai berikut :

  • Meningkatkan upaya pengelolaan sumberdaya energi, mineral dan batubara sebagai potensi kekuatan ekonomi daerah;

Penetapan Misi kesatu, didasarkan atas pertimbangan bahwa Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sumatera Selatan terus berupaya meningkatkan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) dari sub sektor Batubara dan Dana Bagi Hasil sub sektor Migas dan PAD melalui upaya pembinaan dan rekonsiliasi seluruh perusahaan yang tersebar di kabupaten/kota.

  • Mengembangkan sumberdaya energi lokal agar dapat menjadi pendukung aktivitas ekonomi bagi masyarakat secara berkelanjutan;

Penetapan Misi kedua, dilandasi oleh pertimbangan bahwa Sumatera Selatan mempunyai potensi SDA yang strategis, maka diperlukan  upaya pengembangan sub sektor batubara, panas bumi dan mikrohidro serta energi matahari guna meningkatkan kualitas kelistrikan yang tetap berorientasi kepada ramah lingkungan.

  • Mendorong akurasi pendataan kegeologian sebagai kepentingan dalam informasi perencanaan dan penataan potensi wilayah;

Penetapan Misi ketiga, dilatarbelakangi oleh pelimpahan wewenang dalam hal penetapan zona konservasi air tanah pada cekungan air tanah dalam daerah provinsi dari pemerintah pusat kepada pemerintah provinsi sesuai amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.